Cengkeh Pereda Kolera dan Radang Lambung


Bagi Anda yang memiliki sakit radang lambung dan kolera, Anda bisa memiliki alternatif obat herbal alami yang efektif dan tanpa efek samping. Yaitu, memakai ramuan obat tradisional berbahan utama cengkeh.

Benar, cengkeh yang kerap dijadikan bumbu memasak maupun campuran minuman ini mengandung zat enol yang mempunyai sifat anti jamur dan efektif untuk meredakan peradangan di dalam perut.

Langsung saja, yuk kita pelajari bagaimana memanfaatkan cengkeh untuk mengobati sakit kolera (sakit perut) dikutip dari laman Iptek.

Ambil beberapa bunga cengkeh yang sudah kering. Cuci bersih dengan air matang, kemudian kunyah beberapa kali untuk merangsang cairan yang keluar dari bunga cengkeh tersebut. Menelan cairan dari ‘permen’ cengkeh alami ini akan membantu Anda memperbaiki sistem perlendiran usus dan lambung, bonusnya lagi menambah sel-sel darah putih.

Di samping itu, cengkeh juga bisa difungsikan sebagai obat radang lambung. Caranya kami kutip dari laman Cinta Herbal berikut ini:

Pertama: siapkan 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 15 gram kulit jeruk mandarin, 150 gram lobak, labu parang secukupnya, dan 1000 cc air.

Kedua: cuci cengkeh, kayu manis, biji pala, kapulaga, kulit jeruk mandarin, lobak, dan labu parang hingga bersih, lalu masukkan dalam panci berisi air.

Ketiga: biarkan hingga air mendidih, lalu angkat dan minum saat masih hangat secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Masalah gangguan pada perut lain seperti mual, redakan dengan ramuan 10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut ke dalam panci berisi sekitar 400 cc air. Tunggu hingga air mendidih, dan air menyusut hingga tersisa sekitar 200 cc saja.
Jangan lupa sebelum meminumnya, saring untuk memisahkan air dengan ampas. Anda boleh mengonsumsi ramuan ini dua kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 100 cc atau ¾ gelas sedang.