Manfaat Buah Apel Untuk Penderita Diabetes


Dalam sebuah laporan studi di American Journal of Clinical Nutrition seperti yang dilansir dari laman Huffington Post, menemukan bahwa apel dan pir, serta blueberry, merupakan buah-buahan yang mempunyai resiko rendah diabetes tipe 2.

Penelitian ini mengamati pola makan lebih dari 200.000 orang. Pada awalnya diciptakan untuk menentukan apakah subclass flavonoid memiliki efek pada kasus diabetes.
Lalu, para Subyek diminta untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan makan mereka.

Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi blueberry, apel dan pir tidak mengalami resiko diabetes di lebih dari 12.600 kasus. Lebih lanjut lagi, seorang pakar nutrisi, Leslie Beck mengatakan “Mereka yang mengkonsumsi blueberry memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak makan blueberry.

Orang-orang yang makan lima atau lebih apel seminggu juga memiliki risiko 23 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apel. Hasil ini ditemukan setelah memperhitungkan faktor risiko lain, seperti berat badan, merokok dan riwayat keluarga diabetes.

Turunkan Berat Badan
Apel dapat mengendalikan rasa lapar dengan sedikit kalori yang terkandung di dalamnya maka tak heran apabila apel bisa menjadi menu diet yang membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian terbaru, apel yang dikeringkan juga membantu peserta menurunkan berat badan. Bahkan, wanita yang makan secangkir apel kering setiap hari selama setahun kehilangan berat badan serta menurunkan kolesterol dan gejala penyakit jantung mereka.

Para peneliti dari Florida State University berpikir antioksidan dan pektin (sejenis serat) yang terdapat di dalam buah apel, merupakan zat yang menjadi penyebabnya. Mereka juga menganjurkan untuk mengkonsumsi buah apel segar agar lebih banyak nutrisi yang bisa diperoleh.

Sumber Nutrisi Harian
Kandungannya yang memiliki sedikit serat larut sekitar 4 gram untuk ukuran apel medium, hanya mengandung jumlah kalori (95) yang sangat kecil sehingga cocok untuk camilan manis yang sehat.

Plus, apel dalam ukuran medium atau 1 cup, yang dikonsumsi setelah makan, adalah cara yang bagus untuk memenuhi kuota buah harian Anda sekitar 2 cup untuk orang dewasa dalam diet 2.000 kalori.
Tak hanya itu, buah apel juga menjadi sumber yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C berkisar 14 persen dari nilai harian.
Wow, kini Anda sudah tahu kan manfaat buah apel segar yang Anda konsumsi setiap hari.
Jadi, makin rajin mengkonsumsi buah apel