Makanan Sehat Untuk Gigi dan Gusi Kuat


Untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat, Anda tidak hanya perlu rajin menggosok gigi atau berkumur, tetapi juga perlu didukung perawatan dari dalam tubuh. Beberapa caranya adalah mengonsumsi makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan penghuni mulut Anda.


Apakah Anda suka teh hijau, Moms? The hijau sangat bermanfaat untuk melawan peradangan pada area mulut. Dikutip dari Health Me Up, teh hijau mengandung senyawa kompleks yang disebut dengan catechin. Di Jepang, para peminum teh hijau telah terbukti dapat terhindar dari penyakit periodontal.

Sedangkan makanan lain yang dikenal dapat membantu kesehatan gusi adalah stroberi dan kiwi yang banyak mengandung Vitamin C. Sebab vitamin C membantu pembentukan kolagen. Kolagen akan menjadi gusi Anda menjadi lembut dan dapat membuat Anda terhindar dari penyakit periodontal. Sementara kiwi sendiri mempunyai sifat astringency yang dapat membuat warna gigi Anda menjadi lebih cemerlang.

Mengoleskan stroberi tumbuk pada gigi juga dapat membantu gigi lebih cemerlang. Anda juga memerlukan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai sumber protein nabati dan mengandung mikronutrien yang dibutuhkan oleh gigi seperti fosfor, magnesium, kalium, seng dan juga kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk menguatkan tulang dan gigi.

Sementara untuk mencegah gigi berlubang, bawang putih yang dikonsumsi secara mentah dapat membantu Anda. Yaa, walaupun baunya agak menyengat, Moms, tetapi bawang putih memiliki zat anti bakteri yang mampu menghindarkan gigi dari kerusakan seperti gigi berlubang.

Konsumsi juga banyak makanan tinggi serat yang mempunyai tugas untuk 'menggosok' gigi Anda agar senantiasa bersih. Mengunyah makanan yang kaya akan serat juga dapat mengusir pembentukan plak di gigi. Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan sehat di atas ya