Si Asam Penyembuh Batuk


Memiliki sakit batuk tentu akan sangat mengganggu segala aktifitas. Terlebih jika Anda memiliki segudang aktifitas. Batuk setiap menit bisa membuat seluruh kegiatan terasa kurang nyaman.

Meski tergolong penyakit yang dianggap orang sepele, sakit batuk jangan dibiarkan. Anda perlu mengambil langkah pengobatan yang efektif dan pastinya tanpa efek samping.

Moms, tahukah Anda jika ramuan herbal alami dari asam jawa efektif mengobati sakit batuk? Yuk, segera kita praktekkan cara membuatnya.

Situs Iptek melansir, untuk mengobati sakit batuk kering (tidak berdahak) caranya cukup siapkan 3 potong asam jawa, ½ genggam daun saga (Papilionaceae), dan 4 gelas air. Kemudian, setelah semua dicuci bersih, rebus seluruh bahan dalam panci. Rebus hingga airnya tersisa sekitar 1 gelas saja. Setiap mengonsumsi ramuan herbal ini, jangan lupa saring air untuk memisahkan dari ampasnya.

Konsumsi ramuan herbal ini  2 kali sehari atau setiap pagi dan sore hingga batuk Anda lenyap.

Sementara itu, ramuan herbal yang kali ini berbahan utama kulit pohon asam jawa diberikan oleh situs Suara Merdeka. Jika ingin mengobati sakit batuk kering prosesnya cukup sederhana. Ambil 2 potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya, serta 1 liter air. Cuci bersih bahan tersebut, lalu masukkan semua bahan ke dalam air yang sudah diletakkan ke dalam panci hingga mendidih.

Tunggu hingga air menyusut kira-kira tinggal 2-3 gelas. Lalu, saring airnya sebelum diminum. Konsumsi secara rutin sehari 2 kali setiap pagi dan sore hari, agar batuk segera reda.

Jika sakit batuk masih tidak ada perubahan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat solusi terbaik.

Nah Moms, mudah kan meredakan sakit batuk dengan cara yang murah meriah! Cukup ambil tanaman obat yang ada di sekitar pekarangan rumah, Anda pun bisa menghemat biaya ongkos ke dokter maupun membeli obat ke apotek.

Kesehatan memang mahal, tetapi jika Anda memiliki tanaman herbal yang ditanam sendiri di rumah. Kapan saja apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, tinggal petik khasiat tanaman herbal sesuai dengan fungsi pengobatannya masing-masing.